MAKALAH
OLEH :
ELVA WAHYUNINGSIH (AFD 111 0076)
KARTIKA CIPTA SARI (AFD 111 0027)
NUR RAHMAH (AFD 111 0038)
YUNITA FARIZA (AFD 111 0037)
UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
KATA PENGANTAR
Puji syukur
penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas karuniaNya-lah
penulis masih diberi kesehatan dan dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Sistem
Informasi Manajemen pada PT. POS Indonesia“. Makalah ini disusun dalam rangka memenuhi salah satu tugas
dari dosen mata kuliah Manajemen Sistem Informasi ibu Nova Noor Kamala Sari,
S.T, M.Kom.
Makalah ini disusun dengan tujuan untuk menambah refesensi
mahasiswa maupun siapa saja yang ingin memahami evaluasi tentang sistem
informasi manajemen pada PT. POS Indonesia.
Dalam penyelesaian
makalah ini tentunya penulis tidak bekerja sendiri. Oleh karena itu, penulis
mengucapkan terima kasih kepada ibu Nova Noor Kamala Sari, S.T, M.Kom. selaku
dosenManajemen Sistem Informasi, petugas perpustakaan pusat Universitas
Palangka Raya, dan teman-teman yang telah membantu dalam penyelesaian makalah
ini.
Makalah ini masih
jauh dari sempurna. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang
sifatnya membangun dari pembaca demi penyempurnaan makalah selanjutnya. Besar
harapan penulis semoga karya tulis ini bermanfaat bagi kita semua.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Kemajuan teknologi telah diterapkan
perusahaan untuk melakukan praktek baru pemasaran dan bisnis. Internet, sebagai
bagian dari itu, secara dramatis mengubah bentuk pasar dan bisnis. Pola
kehidupan secara bertahap berubah sejak penemuan teknologi internet. Penggunaan
e-business adalah salah satu upaya perusahaan untuk meningkatkan daya
saing manfaat melalui banyak memberi, seperti efisiensi biaya operasional,
mencapai pasar lebih cepat, dan area bisnis yang lebih luas.
Internet merupakan sebuah koneksi
global dari ribuan jaringan yang dikelola secara bebas (Budi Sutedjo, 2001:2).
Internet, sebagai bagian dari kemajuan teknologi, secara dramatis telah
membentuk ulang pasar dan bisnis. Konsumen di seluruh dunia ter-exposed akan
cara hidup dan konsumsi baru dan menginginkan banyak dari hal-hal yang
dilihatnya. Pola kehidupan berangsur-angsur mengalami perubahan sejak tercipta
teknologi internet. Bisnis pun mulai mengadopsi internet sehingga mendukung
terciptanya sistem e-business.
Banyak perusahaan di Indonesia
sekarang dituntut untuk mempersiapkan diri dengan berbagai perangkat e-business
sebagai bagian baru dari pola interaksinya dengan pelanggan, pemasok, dan
karyawan. Salah satunya adalah PT. Pos Indonesia (Persero), sebagai perusahaan
jasa pengiriman ternama di Indonesia.
Perkembangan teknologi khususnya ICT
(Information, Communication,Technology) yang demikian pesat, menjadi
suatu ancaman sekaligus opportunity business bagi Pos saat ini dan di
masa depan.
Bisnis Pos yang harus dilengkapi
dengan bisnis berbasis ICT (Information, Communication, Technology)
untuk memperkuat dan mempertahankan eksistensiPos.
E-Business merupakan salah satu bisnis dengan prospek besar dan Pos telah
memiliki kompetensi di bidang ini, khususnya untuk me-leverage bisnis
inti dan menciptakan peluang bisnis baru.
1.2 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah
mengembangkan sistem layanan terpadu yang diimplementasi melalui E-bisnis PT
Pos Indonesia (Persero) yaitu sebagai penyedia layanan inovasi berbasis
teknologi informasi, yang mudah, aman, dan memberikan nilai tambah tinggi bagi
pelanggan.
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
2.1 Profil Perusahaan
a. Sejarah PT.Pos Indonesia
Berdiri pada tahun 1746 kemudian
melalui beberapa tahap yang panjangberubah menjadi Persero pada tahun 1995,
dengan dasar hukum Undang-UndangNomor 1 Tahun 1995 tentang Perusahaan Perseroan;
Peraturan Pemerintah RINomor 5 Tahun 1995 tentang Pengalihan Bentuk Perusahaan
Umum (Perum) Posdan Giro menjadi Perusahaan (Persero) (Lembaran Negara RI Tahun
1995 Nomor11); Anggaran Dasar PT Pos Indonesia (Persero) yang tercantum dalam
aktaNotaris Sutjipto, SH Nomor117 tanggal 20 Juni 1995 tentang
PendirianPerusahaan Persero PT Pos Indonesia, sebagaimana telah diubah dengan
aktaNotaris Sutjipto, SH Nomor 89 tanggal 21 September 1998 dan Nomor
111tanggal 28 Oktober 1998.
b. Visi, Misi, dan Motto PT.Pos Indonesia
Visi
Menjadi pemimpin pasar di Indonesia
dengan menyediakan layanan suratpos, paket, dan logistik yang handal serta jasa
keuangan yang terpercaya.
Misi
·
Berkomitmen
kepada pelanggan untuk menyediakan layanan yang selalu tepat waktu dan nilai
terbaik
·
Berkomitmen
kepada karyawan untuk memberikan iklim kerja yang aman, nyaman dan menghargai
kontribusi
·
Berkomitmen
kepada pemegang saham untuk memberikan hasil usaha yang menguntungkan dan terus
bertumbuh
·
Berkomitmen
untuk berkontribusi positif kepada masyarakat
·
Berkomitmen
untuk berperilaku transparan dan terpercaya kepada seluruh pemangku kepentingan
Motto
Tepat waktu setiap waktu.
c. Produk Pos
•
Kiriman
Internasional
•
Filateli
•
Hybrid Mail
•
Ritel
•
Logistik
•
Keuangan
•
Paket Pos
•
Surat Pos
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Pokok Bahasan
Aplikasi Utama E-business
Aplikasi-aplikasi utama e-business
dan hubungannya satu sama laindiringkas dalam arsitektur perusahaan (Gambar
1). Aplikasi-aplikasi ini terintegrasi lintas fungsi perusahaan, contohnya
seperti Enterprise ResourcePlanning (ERP), Manajemen Hubungan Pelanggan/
Customer RelationshipManagement (CRM), dan Manajemen Rantai Pasokan/ Supply
Chain Manajemen(SCM), Enterprise Aplication Integration (EAI), Transaction
Processing Systems(TPS), Enterprise Collaboration System (ECS).
Gambar 1. Arsitektur Perusahaan ini menyajikan gambaran umum
tentang berbagaiaplikasi lintas fungsi perusahaan yang utama serta saling
keterkaitan antar fungsi tersebut.
a. Sistem ERP (Enterprise Resource Planning)
Sistem informasi ERP (Entreprise
Resource Planning) merupakan suatusistem informasi yang diperuntukkan bagi
perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan
proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi
di perusahaan bersangkutan (Gambar 2).
Gambar 2. Integrasi Informasi melalui Sistem ERP
b. Sistem Customer
Relationship Management (CRM)
Sistem CRM adalah suatu sistem,
metodologi, strategi, perangkat lunak(software) dan aplikasi berbasis web yang
mampu membantu sebuah perusahaan untuk mengelola hubungannya dengan para pelanggan.
CRM terdiri atas tiga unsur pokok yaitu manusia, teknologi dan proses (Gambar
3).
c. Supply Chain Management (SCM)
Sistem SCM adalah suatu sistem,
metodologi, strategi, perangkat lunak(software) dan aplikasi berbasis
web yang mampu membantu sebuah perusahaan untuk mengelola hubungannya dengan
para pemasok.
d. Integrasi Aplikasi Perusahaan/ Enterprise Aplication
Integration (EAI)
Software EAI memungkinkan para
pemakai membuat model berbagaiproses bisnis yang dilibatkan dalam interaksi yang
harus terjadi antar aplikasi bisnis. EAI juga menyediakan middleware yang
melakukan konversi dan koordinasi data, komunikasi aplikasi dan layanan pesan,
serta akses ke berbagai interface aplikasi yang terlibat. Jadi, software
EAI dapat mengintegrasikanberbagai kelompok aplikasi perusahaan dengan
memungkinkan user bertukar data sesuai dengan peraturan dari model
proses bisnis yang dikembangkan oleh user.
e. Sistem Pemrosesan Transaksi/ Transaction Processing Systems (TPS)
TPS adalah sistem informasi lintas
fungsi yang memproses data dariterjadinya transaksi bisnis. Transaksi adalah
berbagai kegiatan yang terjadi sebagai bagian dari aktivitas bisnis, seperti
penjualan, pembelian, penyimpanan, penarikan, pengembalian dan pembayaran.
f. Sistem Kerjasama Perusahaan/ Enterprise Collaboration System (ECS)
ECS adalah sistem informasi lintas fungsi yang meningkatkan
komunikasi,koordinasi, dan kerjasama antar anggota tim bisnis dan kelompok
kerja. Teknologi informasi, terutama teknologi Internet, memberikan berbagai
alat untuk membantu perusahaan bekerjasama untuk mengomunikasikan berbagai ide,
berbagi sumber daya dan mengkoordinasikan usaha kegiatan kerjasama sebagai anggota
dari proses formal dan informal, tim proyek, dan kelompok kerja yang membentuk
organisasi.
3.2 Subyek Informasi SIM
- PT.Pos Indonesia
3.3 SIM Yang Akan Dikomunikasikan
Sistem Electronic Business PT Pos Indonesia (Persero)
E-Business merupakan salah satu bisnis dengan prospek besar dan Postelah
memiliki kompetensi di bidang ini, antara lain:
a. Aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP)
PT. Pos Indonesia (Persero)
memanfaatkan sistem ERP ini pada operasi,jasa dan distribusi, dengan
mempertimbangkan pengoprasian perusahaan pada proses internal melalui manajemen
sumber daya manusia perusahaan, akuntansi, keuangan, logistik dan distribusi
secara tepat waktu.
ERP dibutuhkan perusahaan untuk bisa
mendapatkan efisiensi, kecepatan, dan responsivitas yang dibutuhkan dalam mencapai
keberhasilan di lingkungan bisnis yang dinamis saat ini.
Beberapa contoh aplikasi ERP pada
PT. Pos Indonesia adalah untuk
mendukung:
• IT (Information Technology)
Teknologi Informasi sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan di
karena adanya pengintegrasian berbagai proses dan entitas bisnis. Esensi dari pengintegrasian
tersebut adalah melakukan share terhadap informasi yang dimiliki dan
dihasilkan oleh berbagai pihak. Sebagai contoh adalahpengembangan jaringan
sebagai alatpenunjang kinerja dari produk-produk EBusiness. Hal penting
yang harus diperhatikan dalam pemilihan IT adalah scaleable solution &
open system, ini diperlukan agar sistem setiap saat dapat disesuaikan
dengan kebutuhan. Dalam hal keterkaitan dengan proses bisnis, maka ketepatan IT
yang digunakan akan mendorong/menentukan proses bisnis yang excellent.
• Business Process / Proses Bisnis
Proses bisnis merupakan nilai
pembeda (distinction) yang menciptakankeunggulan bersaing. Proses bisnis
dalam E-Business sangat kental diwarnai oleh IT untuk menghasilkan mutu
layanan yang akurat dan excellent. Sebuah proses bisnis yang baik,
tentunya selain didukung dengan IT juga harus didukung oleh SDM yang
berkompeten dan equipment yang sesuai dengan proses bisnis yang
bertalian. Peran SDM tidak saja ditentukan oleh kemampuan teknis semata
melainkan juga perilaku yang mencerminkan kerja keras, mandiri, jujur dan teamwork
oriented.
• Perfomance Standard / Standar Kinerja
Untuk dapat masuk dan bertahan dalam suatu bisnis minimal harus
memiliki standar output yang sama dengan dengan standar yang berlaku umum di
industri. Beberapa performance standard yang berlaku umum tidak terlepas
dari faktor-faktor accuracy, speed, efficiency, dan flexibility.
• Targeting
Arahan penggunaan pasar diarahkan berasarkan STP :
Segmentasi
Pembagian segmentasi dilakukan berdasarkan lingkup bisnis serta
sumber daya
yang ada di lingkup bisnis PT. Pos Indonesia :
· Lingkup Nasional
· Lingkup UPT
· Lingkup Wilpos
Targeting
Targeting pembagian bisnis mengarah pada lingkup arahan target yang
potensial.
· Target para pelaku Bisnis
Bagi para pelaku bisnis mengarah pada private sector yaitu
sektor swasta dan bisnis yang berorientasi pada profit.
· Target Government
Untuk target lingkup pemerintah target mengarah pada lembaga
pemerintahan, serta mengarah pada instansi pemerintahan. Untuk yang lain target
juga terfokus pada perusahaan Nirlaba.
· Individu
Arahan tertarget pada perseorangan seperti constumer individu serta
para pengguna teknologi informasi seperti ICT (Information, Communication,
Technology).
b. Aplikasi Customer Relationship Management (CRM)
PT. Pos Indonesia (Persero)
memanfaatkan sistem CRM secara cukup intensif. Antara lain pemanfaatannya
adalah untuk mengelola program-programdibawah ini:
Program e-fila.com. Khususnya dalam
forum filateli. Selainmenguntungkan pelanggan, program ini juga menguntungkan PT.
Pos Indonesia (Persero), karena dengan demikian dapat mengetahui perilaku
pelanggan, melakukan perbaikan berdasarkan masukan dari pelanggan, merespon
permintaan atau keluhan pelanggan dengan cepat dan terarah.
Program Kontak Kami (Gambar 4),
yakni bagi pelanggan yang inginmenyampaikan komentar, kritik, saran, pertanyaan
atau pengaduan kiriman, kepada pihak perusahaan.
Gambar 4. Sistem CRM pada Program Kontak Kami PT. Pos Indonesia
(Persero).
Program Jejak Pendapat (Gambar 5)
sebagai sarana untuk berkomunikasidengan PT. Pos Indonesia tentang kiriman
maupun informasi Jasa pos Indonesia,yakni melalui Email, Facebook dan Twitter,
yang dapat diakses secara langsung dari website PT Pos Indonesia.
Gambar 5. Sistem CRM pada Program Jejak Pendapat PT.
Pos Indonesia
c. Aplikasi Supply Chain Management (SCM)
PT. Pos saat ini
memiliki outlet belanja produk–produk lengkap khasIndonesia secara online yang
bernama Plaza Pos (Gambar 6) yang dapat diakses melalui alamat website www.plazapos.com. Serta memiliki program e-fila.com (Gambar 7) yang menjual produk
perangko Indonesia (Gambar).
Gambar 7. Sistem SCM pada Program E-Fila
PT. Pos Indonesia memanfaatkan
sistem SCM untuk mengelola akun-akunpemasoknya. Pemasok-pemasok utama yang
telah disyaratkan mempunyai pengetahuan memadai mengenai sitem informasi dan
internetworking, serta mempunyai akses jaringan yang baik, dapat memantau data
dan kegiatan pasokan mereka secara online dan realtime. Sedangkan
pemasok konvensional yang masih menggunakan telepon atau cash and carry dikelola
datanya oleh karyawan mitra utama, dimana transaksi dilakukan.
PT. Pos Indonesia melakukan
sosialisasi mengenai program SCM inikepada para pemasok, dan menjelaskan
berbagai nilai tambah (added value) antara lain membantu para pemasok
mengatur transaksi, adanya prediksi kebutuhan PT. Pos Indonesia yang lebih
akurat, dan diperluasnya jaringan kerja dari para pemasok.
d. Aplikasi Integrasi Perusahaan/ Enterprise Application
Integration(EAI)
Aplikasi EAI pada PT. Pos Indonesia
salah satunya adalah pada layananPlaza Pos yakni pelanggan diminta untuk mengisi
Member Area (Gambar 8), lalu melakukan submit. Dengan demikian, perusahaan
mengetahui informasi pelanggan yang mengunjungi Plaza Pos.
Gambar 8. EAI pada Program Member Area Plaza Pos
Contoh lain adalah dalam sistem
pembelian pelanggan pada program PlazaPos (Gambar 9), yang akan membuat
permintaan elektronik, setelah permintaan tersebut disetujui secara online oleh
pelanggan, pesanan pembelian yang dibuat oleh komputer akan melintas di
internet kembali ke perusahaan PT Pos Indonesia.
Gambar 9. EAI pada Aplikasi Program Berbelanja Online, Plaza Pos.
e. Aplikasi Sistem Pemrosesan Transaksi/ Transaction Processing
Systems(TPS)
Sistem Pemrosesan Transaksi di PT.
Pos Indonesia mendukung programPlaza Pos (Gambar 10), contohnya dalam akses
pembayaran secara online, yakni aktivitas pemrosesan transaksi dibutuhkan
untuk menangkap dan memproses data pelanggan, hingga transaksi pembayaran
belanjanya melalui jaringan internet.
Gambar 10. Cara Sistem Pemrosesan Transaksi Online di Plaza Pos
f. Aplikasi Sistem kerjasama Perusahaan/ Enterprise
CollaborationSystem (ECS)
Sistem kerjasama perusahaan pada PT.
Pos Indonesia contohnya dalamhubungan Kemitraan. Kemitraan merupakan kebutuhan
yang mendasar dalam aktivitas Probis E-Business, karena hampir tidak mungkin
aktivitas bisnis dapat dijalankan tanpa kemitraan. Sebagai contoh dalam
aktivitas LimitedCommunication Technology Services (eCom) dimana dalam
pelaksanaan diperlukan adanya beberapa kerjasama terhadap perusahaan yang
menggunakan jaringan PTSN, CDMA, GSM maka mutlak diperlukan kemitraan dengan
pihak perusahaan itu.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
1.
Sistem
Electronic Business yang dirancang PT. Pos Indonesia (Persero)mampu
meningkatkan praktek bisnis jasa dan pemasarannya secara global.
2.
Perangkat Electronic
Business mendukung pola interaksi perusahaan PT.Pos (Persero) dengan
pelanggan, pemasok, dan karyawannya.
3.
Sistem
Electronic Business yang dirancang PT. Pos Indonesia (Persero)mampu menunjang
perkembangan industri jasa pengiriman dan belanjasecara online produk
kerajinan khas Indonesia di berbagai daerahIndonesia bahkan ke mancanegara.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.e-fila.com/
http://www.plazapos.com/
http://www.posindonesia.co.id/index.php
O’brien, James A. 2005. Introduction to Information System.
Mc Grow Hill: USA
Oetomo, Budi. 2001. Perspektif e-Business: Tinjauan Teknis,
Manajerial, dan
Strategi. Penerbit Andi Yogyakarta: Yogyakarta.
boleh di download ngga?
BalasHapus